Beranda INFO SEHAT Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur yang Perlu Diwaspadai

Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur yang Perlu Diwaspadai

Main Ponsel
Godaan untuk main ponsel sebelum tidur memang sulit dihindari, ya? Namun, kamu perlu tahu nih, kebiasaan satu ini ternyata bisa menurunkan kualitas tidur bahkan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental, lho!

Biasanya, sebelum tidur, banyak orang yang akan menghabiskan waktu dengan menonton film di TV atau laptop, melihat perkembangan info terkini di sosial media lewat telepon seluler, bertukar pesan melalui aplikasi chat, hingga melakukan quality time bersama orang terdekat.

Nah, aktivitas-aktivitas sebelum tidur tersebut kerap melibatkan handphone (HP), kan? Padahal, menatap layar handphone sebelum tidur diketahui bisa memengaruhi kualitas tidur dan kesehatanmu.

Bahaya Main Ponsel Sebelum Tidur

Berikut ini adalah beberapa dampak main ponsel sebelum tidur yang harus kamu waspadai:

1. Menurunkan kualitas tidur

Saat menatap layar handphone, cahaya biru yang terpancar diketahui dapat menghambat produksi hormon melatonin. Menurunnya produksi dan pelepasan hormon ini dapat membuatmu lebih waspada dan terjaga serta menyulitkan proses tidur. Alhasil, esok harinya kamu jadi tidak berenergi dan sulit konsentrasi.

Selain itu, pancaran cahaya dari layar gadget juga akan menghambat fase tidur rapid eye movement (REM). Padahal, fase tidur ini penting untuk memulihkan fungsi kognitif dan kestabilan emosi.

2. Mengganggu ritme sirkadian

Kebiasaan main HP sebelum tidur dapat mengganggu ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh untuk mengatur jadwal tidur dan bangun serta metabolisme tubuh setiap harinya.

Sebagai contoh, kamu adalah orang dengan tipe early bird yang produktif di pagi hari. Namun, karena main HP sebelum tidur, kamu yang biasanya tidur pada pukul 22.00 karena terbiasa bangun di pukul 05.00 pagi, jadi tidur pukul 00.00 dan tetap harus bangun di pukul 05.00.

BACA JUGA  Inilah 7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Jika terus-menerus terjadi, kamu akan kekurangan waktu tidur dan susah fokus saat beraktivitas di pagi hari. Tidak hanya itu, kurangnya waktu dan kualitas tidur akan membuatmu mudah lelah dan kurang produktif.

3. Menyebabkan gangguan mata

Pasti banyak yang sadar nih saat membuka handphone atau sosial media, tanpa terasa kamu sudah menghabiskan waktu selama berjam-jam. Kebiasaan ini bisa memicu computer vision syndrome, lho. Gejalanya dapat berupa rasa lelah pada mata, penglihatan kabur, mata merah, mata kering, hingga sakit kepala.

Selain itu, sering menghabiskan banyak waktu dengan bermain ponsel sebelum tidur juga bisa menyebabkan degenerasi makula. Kalau diabaikan, kondisi ini akan meningkatkan risikomu mengalami kebutaan.

4. Memicu doomscrolling

Menelusuri media sosial sebelum tidur, apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama, mungkin saja dapat membuatmu tidak berhenti membaca berita buruk dan terus mencari kelanjutan informasi tersebut.

Perilaku tersebut disebut doomscrolling. Akibatnya, kamu bisa merasa cemas, stres, takut, tertekan, hingga paranoid terhadap sekitar.

Penggunaan ponsel sebelum tidur sangat berdampak pada kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidak main HP setidaknya 1–2 jam sebelum waktu tidur.

Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan aktivitas lain yang dinilai lebih bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas ini bisa berupa membaca buku, menulis jurnal, mandi air hangat, atau meditasi.

Setelah mengetahui bahaya main ponsel sebelum tidur, kini kamu perlu mengurangi kebiasaan ini, ya. Apabila kamu mengalami keluhan akibat terlalu sering menggunakan HP, jangan ragu berkonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan.

Artikulli paraprakDPRD Kabupaten Dharmasraya sambut baik Kunjungan Kerja Bamus DPRD Tanah Datar.
Artikulli tjetër8 Efek Begadang yang Merusak Kesehatan