Beranda EKONOMI BLT BBM Cair Rp 600 Ribu, Ini Cara Mendapatkannya

BLT BBM Cair Rp 600 Ribu, Ini Cara Mendapatkannya

BLT BBM
BLT BBM yang disalurkan melalui kementerian akan segera cair untuk empat bulan sekaligus. Bantuan langsung tunai (BLT) ini sudah akan segera disalurkan kepada warga yang terdampak atas kenaikan harga BBM.

Sedangkan nilai BLT BBM adalah Rp150.000 per bulan, jadi total yang akan diterima masyarakat adalah Rp600.000 per orang.

Dari informasi yang dikutip dari setkab.go.id, Selasa (6/9/2022), BLT BBM diberikan sebagian bantuan sosial tambahan dari pengalihan subsidi BBM. Anggarannya mencapai Rp12,4 triliun, dan akan dibagikan pada masyarakat yang terdampak.

Ada sekitar 20,65 juta penerima BLT BBM dari keluarga penerima manfaat. Bantuan akan disalurkan oleh Kemensos melalui PT Pos Indonesia dari Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Kemensos sendiri menjanjikan jika penyaluran BLT ini akandisalurkan tepat sasaran, salah satunya juga dengan mekanisme jemput bola. Pola ini digunakan bagi penerima yang kondisinya tidak memungkinkan untuk datang mengambil sendiri.

Bantuan akan diantarkan ke rumah-rumah penerima secara langsung, namun hanya berlaku bagi penerima yang sakit, lansia, dan benar-benar tidak bisa datang mengambil ke PT Pos Indonesia. Namun ingat, penerima yang mendapatkan BLT BBM syaratnya harus sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan tersebut, cek informasinya berikut ini:

  • Login cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan
  • Masukkan nama penerima bantuan sesuai KTP
  • Ketik 8 huruf kode seperti yang tertera pada kota kode
  • Jika kode kurang jelas dan ingin mendapatkan kode baru, klik refresh
  • Ketik kode dengan benar
  • Lalu klik cari data

Jika anda termasuk penerima, maka nama anda akan tertera di dalam laman tersebut. Selamat mencoba

Artikulli paraprakAktivis Lintas Elemen Sampaikan 3 Tuntutan ke Ketua DPD RI
Artikulli tjetërPenyebab Gagal Ginjal Kronis dan Cara Penanganannya