Beranda GAYA HIDUP Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan Wajah
Kamu sudah menerapkan cara membersihkan wajah dengan benar, belum? Hal ini jangan sampai salah, ya. Dengan melakukan langkah-langkah membersihkan wajah yang tepat, kulitmu akan tampak lebih bersih dan bebas dari masalah.

Membersihkan wajah merupakan salah satu langkah penting untuk mewujudkan kulit wajah yang sehat. Kebiasaan ini dapat mencegah munculnya jerawat, mengatasi kulit kusam, dan mencegah penuaan dini.

Kendati demikian, nyatanya masih banyak orang yang menyepelekan dan melakukannya dengan cara yang salah, misalnya menggosok wajah terlalu kasar atau mengeringkan wajah dengan sembarangan.

Begini Cara Membersihkan Wajah yang Benar

Agar kamu bisa tampil menawan dengan kulit yang bersih serta sehat, simak baik-baik dan lakukan cara membersihkan wajah berikut ini:

1. Gunakan make up remover

Apa kamu berpikir kalau mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk membuat wajahmu bersih? Jika jawabannya iya, maka kamu keliru.

Selain dengan menggunakan sabun pembersih wajah, saat sedang menggunakan riasan atau make up, kamu juga perlu membersihkan wajah dengan metode double cleansing. Saat melakukan metode ini, kamu perlu menggunakan make up remover terlebih dahulu sebelum mencuci muka dengan sabun.

Teknik ini diketahui lebih efektif dalam mengangkat kotoran serta sisa kulit mati di permukaan kulit dan pori-pori. Ada banyak jenis make up remover yang bisa kamu pilih sesuai jenis kulitmu, seperti micellar water, milk cleanser, dan cleansing balm. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengangkat sisa riasan.

2. Gunakan pembersih wajah yang tepat

Pilih dan gunakan produk pembersih wajah dengan formula gentle, yaitu tidak mengandung alkohol dan pewangi. Produk ini cocok digunakan untuk segala jenis kulit, khususnya kulit sensitif dan kering. Kalau kulitmu berminyak atau berjerawat, bisa juga pilih produk yang mengandung asam salisilat.

BACA JUGA  Perempuan Bertato Dilarang dalam Hukum Islam

Selain itu, hindari menggunakan sabun yang bukan khusus untuk wajah karena dapat mengubah keseimbangan pH kulit.

3. Cuci muka dengan lembut

Bukannya bikin muka jadi bersih, menggosok muka terlalu kasar justru dapat merusak lapisan luar kulit. Apalagi kalau dilakukan untuk waktu yang lama, bisa mengganggu produksi sebum, membuat kulit kering, serta memicu iritasi.

Jadi, kalau cuci muka, gosok dengan lembut saja, ya. Tidak perlu lama-lama juga kok, cukup 30 detik. Kamu bisa menggunakan air dingin atau air hangat untuk membilas wajahmu. Namun, jangan gunakan air panas ya, karena bisa membuat kulit wajahmu jadi kering.

4. Keringkan muka

Membiarkan air mengering dengan sendirinya setelah cuci muka bukanlah kebiasaan baik, lho. Air yang dibiarkan pada permukaan kulit bisa menguap dan justru membuat kulit menjadi lebih kering.

Oleh karena itu, setelah cuci muka, sebaiknya keringkan menggunakan handuk bersih atau tisu. Lakukan gerakan menepuk dan jangan digosok-gosok, ya. Hindari juga penggunaan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel, ya. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri yang menempel.

5. Hindari cuci muka terlalu sering

Teknik cuci mukanya sudah benar, tetapi kalau dilakukan secara berlebihan sama saja bohong! Sering cuci muka justru dapat membuat kulit semakin kering. Ini juga berlaku untuk eksfoliasi wajah, ya.

Mencuci muka cukup saat pagi dan malam sebelum tidur, serta ketika berkeringat. Untuk eksfoliasi, kamu bisa lakukan beberapa kali dalam seminggu atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan jadwal eksfoliasi sesuai kebutuhan dan kondisi kulitmu.

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap secara merata ke kulit wajahmu. Langkah ini penting untuk mengunci kelembapan kulit yang baru saja dibersihkan. Setelahnya, kamu bisa melanjutkannya tahapan skin care lainnya, seperti serum, essence, atau suncreen.

BACA JUGA  Perempuan Bertato Dilarang dalam Hukum Islam

Apabila kamu memiliki eksim, rosacea, atau masalah kulit lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran cara membersihkan wajah yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Artikulli paraprak6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan
Artikulli tjetërIdentitas Pria Gondrong Penghina Jokowi Terungkap