Beranda INFO SEHAT Manfaat Air Kelapa untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat Air Kelapa untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat Air Kelapa
Manfaat air kelapa untuk asam lambung dapat diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengonsumsi air kelapa agar khasiatnya dapat diperoleh secara optimal.

Air kelapa merupakan salah satu jenis minuman sehat. Manfaat air kelapa bagi kesehatan karena di dalamnya terdapat beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu, rasanya yang menyegarkan membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang untuk melepas dahaga.

Manfaat Air Kelapa untuk Asam Lambung

Sebelumnya telah diungkapkan bahwa manfaat air kelapa untuk asam lambung dapat diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satu nutrisi penting yang terdapat di dalam air kelapa adalah kalium.

Kalium dipercaya mampu meredakan asam lambung yang naik, karena sifatnya yang bisa menetralkan asam. Inilah yang mendasari mengapa banyak orang percaya bahwa air kelapa bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi asam lambung naik.

Meski begitu, air kelapa sebaiknya dikonsumsi dengan cara yang tepat. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa murni yang belum dicampur gula atau pemanis lainnya. Ini dilakukan agar manfaat air kelapa untuk asam lambung dan kesehatan tubuh dapat Anda peroleh secara maksimal.

Minuman Lain yang Baik untuk Asam Lambung

Tak hanya air kelapa, ada beberapa jenis minuman lain yang juga bisa meredakan asam lambung, di antaranya:

Teh chamomile

Meski perlu diteliti lebih lanjut, teh chamomile dipercaya bisa mengatasi asam lambung. Kandungan senyawa aktif yang bersifat antiradang di dalamnya diduga dapat mengurangi tingkat keasaman di lambung dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung.

Susu almond

Susu almond juga dipercaya mampu meredakan asam lambung naik, karena sifatnya yang basa. Tak hanya meredakan, susu ini juga mampu mengatasi gejala asam lambung yang muncul.

BACA JUGA  Inilah Obat Herbal yang Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda

Air jahe

Minuman jahe juga dipercaya bisa meredakan asam lambung naik. Hal ini karena jahe mengandung asam fenolik yang bisa meredakan iritasi pada saluran cerna sekaligus mencegah naiknya asam lambung.

Selain mengonsumsi minuman di atas, Anda juga dianjurkan untuk menerapkan beberapa kebiasaan yang bisa meredakan gejala asam lambung naik. Kebiasaan tersebut meliputi:

  • Konsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering.
  • Kunyah makanan secara perlahan.
  • Jangan langsung tidur setelah makan.
  • Hindari atau hentikan kebiasaan merokok.

Hindari konsumsi minuman atau makanan yang bisa memicu asam lambung naik, seperti minuman kafein atau makanan pedas.

Itulah Manfaat air kelapa untuk asam lambung yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sudah minum air kelapa dan menerapkan beberapa cara di atas tetapi keluhan asam lambung tidak juga reda atau justru semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikulli paraprakGaya Jaksa Pinangki, Berhijab Saat Divonis 10 Tahun Penjara Buka Hijab Setelah Bebas
Artikulli tjetërHasto Kristiyanto Dituding Jilat Ludah Sendiri, Diam Saat Harga BBM Meroket