Beranda INFO PEMKAB DHARMASRAYA Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Lakukan Pembinaan Nagari Beradat dan Berbudaya

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Lakukan Pembinaan Nagari Beradat dan Berbudaya

Kabupaten Dharmasraya
Pemerintah Kabupaten Dharmasraya tengah melakukan pembinaan nagari beradat dan berbudaya sebagai salah satu strategi pelestarian kebudayaan daerah.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan hal ini dalam kuliah umum di Universitas Andalas, Kamis (15/9/2022).

Sutan Riska menyampaikan, strategi pelestarian budaya daerah bertujuan untuk mempertahankan nilai-nilai luhur yang ada dalam masyarakat. Pelestarian ini, menurut Bupati Dharmasraya, harus bersifat jangka panjang sehingga arsip kebudayaan terjaga meski telah melalui proses perubahan bentuk budaya.

“Upaya lainnya yang Pemkab Dharmasraya lakukan adalah dengan pembinaan penggiat, pelaku, dan pranata kesenian. Begitu juga dengan pelaksanaan festival seni daerah, pembinaan serta peningkatan kapasitas pemangku kelembagaan adat,” kata Sutan Riska

Menurutnya, kabupaten Dharmasraya telah memberikan bantuan pendanaan berupa peralatan dan kebutuhan kesenian hingga Rp.350 juta.

Sutan Riska mengatakan, Pemkab Dharmasraya juga giat melakukan promosi kebudayaan daerah berskala lokal, daerah, nasional maupun internasional melalui media online dan offline.

Selain itu, pihaknya juga telah merevitalisasi 171 rumah gadang. Pemkab mengeluarkan biaya hingga Rp 10 miliar untuk pelestarian rumah khas kebudayaan Minangkabau ini.

Artikulli paraprakBahaya Vape, Pengguna Terancam Mengidap Kanker Paru
Artikulli tjetërWaspada! Pupuk Palsu Beredar di Tengah Kondisi Ekonomi Pertani yang Sedang Terpuruk