Beranda PERISTIWA Seekor Siamang di Dharmasraya Diserahkan ke BKSDA oleh Mantan Wali Nagari

Seekor Siamang di Dharmasraya Diserahkan ke BKSDA oleh Mantan Wali Nagari

Siamang
Seekor Siamang yang sebelumnya dipelihara oleh keluarga mantan Wali Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Aswat diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar).

Siamang itu diserahkan Aswat yang tinggal di Jorong Teratak, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Dharmasraya itu usai dipelihara keluarganya selama lebih kurang lima tahun.

Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono mengatakan, Siamang itu baru diserahkan ke BKSDA setelah adanya sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang Perlindungan Satwa Liar.

“Yaitu Undang-undang Nomor: 5 tahun 1990 dan Peraturan Menteri LHK Nomor: 106 tahun 2018.” ujar Ardi melalui keterangan resminya, Kamis (8/9/2022).

Menurut Ardi, satwa yang dilindungi itu yang telah dipelihara selama lima tahun itu diserahkan keluarga Aswat, dikutip dari langgam.id, Selasa (6/9/2022).

“Informasi adanya satwa dengan nama latin Sympahalangus Syndactylus diketahui melalui petugas UPTD KPHP Dharmasraya, dan ditindaklanjuti,” ujar Ardi.

Namun, kata Ardi, saat kelurga mantan Wali Nagari Siguntur itu diminta untuk menyerahkan ke petugas, mereka belum mau menyerahkannya langsung.

“Saat itu, putri Aswat belum mau menyerahkannya dan berjanji akan diserahkan beberapa hari lagi. Berkat komunikasi dan sosialisasi, akhirnya satwa itu diserahkan ke petugas,” jelas Ardi.

Ardi menambahkan, berdasarkan informasi dari keluarga Aswat, Owa jenis Siamang itu merupakan oleh-oleh dari temannya untuk dipelihara serta dijadikan mainan.

Saat itu, sebut Ardi, kelaurga Aswat tidak mengetahui bahwa satwa tersebut dilindungi. “Kini Siamang itu sudah diterima petugas dna dititiprawatkan di Lembaga Konservasi Taman Satwa Kandi Kota Sawahlunto,” katanya.

Artikulli paraprakAmira Hanim Tak Menyangka Dinikahi Ayah Angkatnya, Beda Usia 21 Tahun
Artikulli tjetërTernyata Minyak Kelapa Sawit Bisa Jadi Bahan Baku Tinta Percetakan