Beranda EKONOMI Uwais Craft Produk UMKM yang Banyak Dipesan Selama Penyelenggaraan G20

Uwais Craft Produk UMKM yang Banyak Dipesan Selama Penyelenggaraan G20

Uwais Craft
Produk terlaris yang di produksi oleh Uwais Craft berupa pouch, tas laptop dan tote bag yang berbahan dasar kain tenun bali ini, menjadi salah satu produk yang paling banyak dipesan.

Uwais Craft sendiri salah satu mitra binaan Pertamina yang mendapatkan pesanan cukup banyak. Memang, produk craft atau kerajinan dan food & baverage/ makanan dan minuman, sejak Agustus lalu sudah mendapatkan kenaikan pesanan sejumlah 70% dari biasanya

Meski begitu, pemilik dari Uwais Craft, Rossi, menuturkan  dampak pandemi COVID-19 masih belum sepenuhnya pulih, sehingga ruang gerak penjualan di Pulau Dewata masih sulit.

Apalagi produk Uwais Craft merupakan produk premium yang segmentasi pasarnya terbatas, dan diperlukan pasar yang tepat untuk memasarkannya.

“Kami sangat terbantu sekali karena G20 diadakan di Pulau Bali, sebelumnya pesanan yang saya terima sekitar 50- 75 pcs, tapi setelah ada G20, pesanan saya meningkat menjadi 100 – 200 pcs  untuk sekali pesanan, dan saya bisa menyelesaikannya selama 1 bulan,” ujar pemilik Uwais Craft, Rossi.

Mitra binaan Pertamina

Sejak bergabung menjadi mitra Binaan Pertamina melalui Rumah BUMN (RB) Klungkung Bali pada 2021, banyak dampak positif yang didapat oleh Uwais Craft. Salah satunya adalah mendapatkan wawasan mengenai bagaimana cara untuk menjadi pengusaha, dan menentukan target market untuk memasarkan produknya, mengingat basic yang dimiliki oleh Rossi hanyalah sebagai penjahit rumahan biasa.

Bermodalkan tekad yang kuat, dan kemampuan menjahit yang digelutinya sejak masih bersekolah menengah atas, menjadikan Rossi membuka usaha sekaligus memperkenalkan kebudayaan Bali kepada khalayak luas, melalui kain tenun khas Bali.

“Setelah bergabung di RB Klungkung, saya diajarkan bagaimana cara menjual produk, karena sebagus apa pun produk yang saya hasilkan kalau tidak ada marketnya akan percuma,” urainya.

BACA JUGA  Ini Syarat Penerima Bantuan Subsidi Upah 2022 Sebesar Rp 3,5 Juta

Sementara itu, SPV RB Klungkung Sri mengatakan, dengan diadakannya G20 di Bali, dampaknya sangat terasa.

Pariwisata Bali juga sudah kembali dibuka, sehingga para pelaku usaha terutama UMKM yang ada di Kabupaten Klungkung mulai kembali sibuk beraktivitas menyelesaikan pesanan.

“Bersyukur banget G20 bisa dilaksanakan di Pulau Bali, para mitra binaan banyak dapat order, sehingga omzet juga meningkat hingga 70%”, ujarnya.

Sedangkan Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) & SMEPP Management PT Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan  Bali menjadi tuan rumah Perhelatan  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November mendatang, sehingga Pertamina melakukan sejumlah persiapan.

Salah satunya mendukung para pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan momen internasional ini untuk memperkenalkan produk – produk lokal, yang memiliki nilai seni, tradisi dan budaya yang khas serta diiringi dengan kualitas maupun kreativitas yang tidak kalah dengan produk dari brand besar.

“Bali sudah sangat dikenal di mancanegara, jadi tidak sulit untuk bisa memperkenalkan produk lokal kepada para wisatawan, tetapi jangan lengah karena kita juga harus bisa terus berinovasi serta mengembangkan ide baru agar produk yang dihasilkan jauh lebih bernilai dan berkualitas dari sebelumnya,” ujar Fajriyah.

“Pertamina terus berupaya memberikan dukungan dan juga pendampingan kepada para mitra binaan, dimana para pelaku UKM bisa melakukan transformasi melalui penerapan digital menuju Go Online dan Go Global,” tegasnya.

Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.

Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Melalui program–program UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi.

BACA JUGA  KUR BRI 2022 Bisa Langsung Cair, Ini Syarat Pengajuannya

Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMKM naik kelas dan Go Global.

Artikulli paraprakPemerintah Kucurkan Bansos Rp 24,17 Triliun untuk Pengalihan Subsidi BBM
Artikulli tjetër2 Anggota Polisi Dipecat karena Gunakan Barang Haram